Selasa, 27 Maret 2012

KAKI LIMA MEMENUHI BADAN JALAN PASAR GEMBRONG

Pasar Gembrong, tentu anda sudah pernah mendengar nama tersebut. Pasar ini dikenal sebagai pusat penjualan mainan anak-anak. Pasar Gembrong terletak di pertigaan jalan DI Panjaitan dan Jalan Basuki Rahmat.
Peta Lokasi Pasar Gembrong
Akhir-akhir ini kondisi pasar Gembrong semakin ramai. Hal ini tentu positif karena ramainya pasar berarti menunjukan daya beli masyarakat yang baik. Selain sebagai pusat penjualan mainan anak-anak, banyak juga pedagang karpet di pasar gembrong.

Namun belakangan ini ramainya pasar gembrong tidak terkendali. Banyak peadagang baik pedagang mainan maupun pedagang karpet menjajakan dagangannya di badan jalan. Selain pedagang parkir kendaraan juga berebut badan jalan dengan pedagang. Akibatnya tentu saja hal tersebut menimbulkan kemacetan panjang. Kadang-kadang kemacetan ekornya hingga mencapai fly over kampung Melayu. Hal ini tentu amat menyebalkan bagi kendaraan yang melalui jalan tersebut. Kemacetan ini terjadi setiap hari baik siang maupun malam hari.
Sebenarnya beberapa puluh meter dari lokasi tersebut telah dibangunkan pasar yang cukup baik. Tapi entah kenapa para pedagang lebih suka berdagang di badan jalan. Entah mengapa para pedagang tersebut tidak menyadari bahwa hak jalan yang mereka ambil menjadi derita bagi pengendara yang melalui jalan tersebut. Mengapa mereka tidak berjualan di tempat yang telah disediakan, atau paling tidak, tidak berjualan di badan jalan. Berjualan boleh-boleh saja tapi tidak mengambil hak-hak orang lain.
Pemda DKI dengan PAD tinggi dan dikenal sebagai daerah Kaya, ditunggu solusinya untuk masalah ini.

Monggo komentarnya


 Kemacetan di jalan basuki rachmat pasar gembrong


video

1 komentar:

  1. Kemarin ada yang beda di pasar gembrong. Pedagang sudah tidak terlihat lagi berjualan di badan jalan. Sehingga jalan terasa lebih lancar. Namun demikian trotoar masih dipenuhi pedagang. Banyak tenda-tenda atau bahkan bangunan semi permanen berdiri di trotoar. Demikian pula masih banyak kendaraan yang parkir disepanjang jalan. Dengan demikian pejalan kaki terpaksa berjalan di badan jalan yang tentunya berbahaya bagi mereka. Walaupun sudah lebih lancar namun laju kendaraan masih sedikit tersendat. Semoga kondisi ini bisa bertahan terus bahkan jika mungkin lebih baik lagi yaitu dengan di revitalisasi trotoar sehingga baik pejalan kaki, pedagang dan pengendara dapat lebih nyaman melintas di sekitar pasar gembrong.

    BalasHapus