Senin, 22 September 2014

ANEKA KULINER DI BANJIR KANAL TIMUR, JAKARTA TIMUR

Banjir Kanal Timur mempunyai fungsi utama untuk menanggulangi banjir di daerah Jakarta Timur. Selain fungsi utama tersebut juga banyak dimanfaatkan untuk fungsi lain seperti tempat bersantai sambil menikmati pemandangan sepanjang saluran banjir kanal tersebut. Selain itu jalan inspeksi di sisi utara dikhususkan untuk jalur jogging dan bersepeda. Fungsi lain yang juga tak kalah pentingnya adalah dimanfaatkannya jalan inspeksi sisi selatan untuk pedagang kaki lima.

Keberadaan pedagang kaki lima ini cukup mengundang kontroversi. Di satu sisi dapat memberikan lapangan kerja baru bagi warga sekitar, serta kemudahan bagi warga untuk mendapatkan kebutuhannya. Namun di sisi lain keberadaan pedagang kaki lima tersebut juga menyebabkan hal-hal buruk seperti masalah sampah, masalah keamanan, kemacetan dan merusak keindahan dan kenyamanan jika ingin bersantai disepanjang banjir kanal timur.

Salah satu jalan inspeksi banjir kanal timur yang dimanfaatkan warga untuk berdagang adalah sepanjang jalan sisi selatan banjir kanal timur yang masuk kedalam wilayah kelurahan cipinang muara dan kelurahan cipinang besar selatan. Berbagai kebutuhan dijajakan pedagang tersebut, namun sebagian besar adalah jajanan / kuliner. Kios-kios pedagang ada yang menggunakan gerobak, tenda ataupun dengan tikar.

 
Lihat RUMAH MAKAN DI JAKARTA di peta yang lebih besar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar