PropellerAds

Minggu, 25 November 2012

KANTOR KELURAHAN SRENGSENG SAWAH, JAKARTA


Kantor Kelurahan Srengseng Sawah, Jakarta terletak di Jalan Srengseng  Sawah Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, kotamadya Jakarta Selatan, propinsi DKI Jakarta  (kode pos 12640)
Kelurahan Srengseng Sawah memiliki Luas Wilayah 6.75 Km2, terdiri dari 10,502 Keluarga (KK), 156 RT, 19 RW
Telepon
Websites

Lihat  Peta Lokasi Kantor Kelurahan Srengseng Sawah di peta yang lebih besar
Dahulu Srengseng Sawah disebut Srengseng saja, tanpa kata sawah. Orang Belanda VOC menyebutnya Sringsing. Mungkin karena di situ banyak dibuka persawahan, maka kemudian disebut Srengseng sawah. Atau, mungkin juga untuk membedakannya dengan Srengseng di Jakarta Barat, yang sekarang menjadi nama kelurahan di wilayah Kecamatan Kebonjeruk. Srengseng diambil dari nama semacam pandan berdaun lebar, pinggirnya berduri -duri, Pandanus caricosus Ramph, termasuk famili Pandaneseae. Daunnya bisa dianyam dijadikan tikar atau topi kasar (Fillt 1883, 264). Sampai meletusnya Perang Dunia Kedua produksi tikar dan topi pandan dari Distrik Kebayoran mempunyai nilai ekonomi yang cukup berarti, dapat dipasarkan kedaerah- daerah lain, bahkan ke luar Pulau Jawa ( Tideman 1932:19). Sampai tahun tujuh puluhan abad ke-20 ,Masih banyak penduduk asli Srengseng Sawah dan sekitarnya yang membuat tikar dan topi pandan sebagai usaha sampingan.
Pada tahun 1674 kawasan Srengseng tercatat sebagai milik Karim, anak seorang bekas Kapten Jawa, bernama Citragladak. Kemudian jatuh ke tangan Cornelis Chalestein, tuan tanah kaya raya yang antara lain memiliki tanah partikelir Depok. Di Srengseng ia mempunyai sebuah rumah peristirahatan. (De Haan 1935:340).
Kelurahan ini memiliki penduduk kurang lebih sebesar 49.962 jiwa. Memiliki 19 RW (Rukun Warga). Kelurahan ini berbatasan dengan Kelurahan Lenteng Agung / Kelurahan jagakarsa di sebelah utara, Kelurahan Cipedak / Kelurahan Ciganjur di sebelah barat, Kelurahan Lenteng Agung / Kali Ciliwung di sebelah timur dan Depok, Jawa Barat di sebelah selatan.
Srengseng mempunyai tempat wisata yang bernama Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Dan akan menyusul Setu Mangga Bolong yang hingga saat ini sedang dalam tahap pengerjaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar