PropellerAds

Sabtu, 16 Juni 2012

MASJID JAMI MAULANA HASANUDIN, PANCORAN

Masjid Jami Maulanan Hasanudin Pancoran terletak di jalan MT Haryono, kelurahan Cikoko, kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan 12770.
Peta lokasi Masjid Jami Maulanan Hasanudin Pancoran

Lihat  Peta lokasi  Masjid Jami Maulanan Hasanudin Pancoran di peta yang lebih besar
Masjid Maulana Hasanudin yang terletak di Cikoko, Pancoran itu didirikan oleh H Mursan bin Thaifin yang kerap disebut Kiai Kucang.mulai tahun 1928 dan baru dinyatakan selesai pada tahun 1933. 

Mulanya masjid  diberi nama "At Taghwan." Namun pada tahun 1967, atas permintaan pemerintah daerah dilakukan perubahan nama menjadi Masjid Jami Maulana Hasanudin, mengambil nama sultan pertama Banten. Warga setuju karena memang Kiai Kucang masih murid dari Sultan Maulana Hasanudin.

Masjid Jami Maulanan Hasanudin Pancoran berukuran sekitar 23 m x 23 m, dengan satu kubah dan satu menara.

12 komentar:

  1. Mohon maaf mau merevisi riwayat uyut Kh.Raden Mursan bin H.Raden Thoifin bin Raden Raudhon / Ridan, Beliau Bukan Murid Sulthan Maulana Hasanuddin Banten Tetapi Beliau Adalah Dzurriyat ( Keturunan Sulthan Maulana Hasanuddin bin Syaikh Syarif Hidayatulloh Sunan Gunung Jati Cirebon )

    Jumat, 12 September 2014 08.07.57 WIB

    BalasHapus
  2. betul tuh bang...! KH.R Mursan dia sepupuan dgn KH.R Machtum Ahli Tebet..! Beliau Cicit2 dari Pangeran Achmad Jayakarta..!

    BalasHapus
  3. betul tuh bang...! KH.R Mursan dia sepupuan dgn KH.R Machtum Ahli Tebet..! Beliau Cicit2 dari Pangeran Achmad Jayakarta..!

    BalasHapus
  4. Mohon maaf bang imron, klo setau ane silsilah kong h.mursan jalur nye ke sulthan maulana hasanuddin bkn ke sayyid ahmad djaketra.
    Maka nye masjid nye di kasih nama maulana hasanuddin banten.

    BalasHapus
  5. iye bukan ape2.. ane taunye cerite2 dari engkong buyut ane juga sama.. ketemu dijalur silsilah P.Jayakarta dan juga terus sampai ke Banten dan cirebon.

    BalasHapus
  6. iya bang bukan ape2 sih.. yg ane tau dari cerite engkong dan kumpi2 ane bahwa mereka berkerabat (R.Mursan dan Dato' H.Machtum).. dan masih keturunan jatinegara kaum, sampai juga terus ke Banten dan Cirebon. Wassalam..

    BalasHapus
  7. iye bang.. menurut babeh sampe kakek kumpi2 ane.. beliau (Dato H.Mchtum dan R.H Mursan) adalah sepupuan.. dan silsilahnya sampe ke Jatinegara kaum, banten dan Cirebon.. begitu bang Juanito.. Syukron

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ane mau nanya bang Imron cicit beliau dari siape yee ?

      Hapus
    2. Blh tau jalur nasab bang imron sampe ke p.jayakarta ???

      Hapus
  8. Bener beliau datuk KH. Mursan masih zurriyat dengan sultan Maulana Hasanudin, ane cicit langsung dari beliau dari anaknya H.Salha

    BalasHapus
  9. Yg mau tau data lengkap nasab uyut kucang dtg aje ke pancoran atau kontak aje WA ane 08889627488

    BalasHapus
  10. Yg mau tau data lengkap nasab uyut kucang dtg aje ke pancoran atau kontak aje WA ane 08889627488

    BalasHapus